Cukup Bayar Rp71 Ribu, Anda Sudah Masuk Anggota YouTube Eksklusif

  22 Jun 2018

YouTube Bikin Anggota Eksklusif, Cukup Bayar Rp71 Ribu

Platform video YouTube kini mempunyai cara baru untuk mendekatkan pengguna dengan para idolanya.

YouTube akan memberikan fasilitas dukungan penggemar kepada idola dalam bentuk keanggotaan eksklusif. Dilansir melalui Gizmodo, Jumat 22 Juni 2018, pengguna akan dikenakan biaya US$4,99 atau Rp71 ribu per bulannya.

Konferensi VidCon di Anaheim, California, Amerika Serikat, Kamis, 21 Juni kemarin, menyebut layanan baru tersebut akan memberi penggemar kesempatan untuk memberikan dukungan keuangan langsung kepada para pembuat konten YouTube.

Anggota eksklusif nantinya akan mendapat akses ke barang dan konten digital eksklusif. Mengikuti jejak layanan streaming game Twitch, keanggotaan pada saluran YouTube adalah semacam paket langganan model premium. Dengan biaya tambahan, pengguna akan mendapat konten dan fitur tambahan.

Chief Product Officer YouTube, Neal Mohan, menyarankan pembuat konten untuk menyediakan streaming langsung eksklusif, video tambahan yang tersedia hanya untuk anggota, dan sapaan dalam video sebagai potensi lainnya.

Siluet pengguna perangkat di antara logo YouTube.

Monetisasi berkedok keanggotaan pada YouTube sebenarnya sudah pernah terjadi di YouTube Gaming. Mereka menggunakan fitur “sponsor” untuk layanan streaming game. Keanggotaan eksklusif sebenarnya juga sudah diujicoba pada beberapa kreator YouTube.

“Kreator yang telah bereksperimen dengan fitur ini telah melihat hasil yang menggembirakan. Sejak diluncurkan pada bulan Januari, pembuat konten komedi Mike Falzone lebih dari tiga kali lipat pendapatan YouTube-nya,” tutur Mohan.

Tidak semua kreator dapat menggunakan layanan ini. Hanya mereka yang sudah memiliki 100 ribu followers yang bisa meraup keuntungan dari anggota eksklusif.

Layanan baru tersebut tidak akan membantu kreator yang masih memiliki sedikit pengikut. Awal tahun ini YouTube telah menarik penghasilan iklan dari channel yang hanya memiliki 1.000 followers dan 4.000 jam waktu tonton pada tahun lalu.

Padahal mereka yang memiliki sedikit kreator justru dapat membina komunitas secara baik dan memiliki tingkat keakraban yang tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *