5 Langkah Ini Dapat Anda Lakukan untuk Memperbanyak ASI

5 Langkah Ini Dapat Anda Lakukan untuk Memperbanyak ASI

  05 Jul 2018

Memiliki seorang bayi akan membuat Anda dituntut untuk memberikan ASI kepada bayi Anda. Namun masalah yang paling sering dihadapi saat menyusui adalah kurangnya produksi ASI. Namun masih banyak dari Anda yang belum mengetahui cara untuk memperanyak ASI secara alami. Berikut uraiannya.

  1. Memberikan ASI Selama 2-3 Jam Sekali

Bayi yang baru lahir memerlukan ASI setiap 2-3 jam sekali tanpa memperdulikan pagi, siang, sore, atau malam. Produksi ASI oleh tubuh wanita mengikuti kebutuhan sang bayi atau sering disebut dengan prisnip suppy and demand.

Jadi berikanlah ASI Anda kepada bayi selama 2-3 jam sekali. Jika pada waktu itu Anda rutin memberikan ASI maka payudara Anda akan memberikan intruksi kepada otak untuk memproduksi ASI sebanyak kebutuhan bayi Anda. Jika Anda tidak konsisten dalam memberikan ASI maka ASI anda tidak akan keluar banyak.

  1. Memompa ASI

Anda dapat membeli pompa ASI di toko terdekat atau toko online. Menjelang hari kemerdekaan seperti ini biasanya toko online perlengkapan bayi akan mengadakan promo kemerdekaan. Nah promo ini dapat Anda gunakan untuk membeli pompa ASI.

Memompa ASI juga salah satu cara agar ASI Anda keluar banyak. Saat keterampilan menyusui Anda belum memadai serta kesalahan posisi yang menyebabkan proses menyusui terganggu atau tidak efektif akan membuat ASI Anda tidak lancar.

Anda dapat menggunakan pompa ASI untuk membantu mengeluarkan ASI Anda agar lebih lancar. Selain itu tujuan memompa ASI adalah memberikan rangsangan serta simulasi pada payudara.

  1. Makan yang Dapat Memperbanyak ASI

Makanlah makanan yang dapat memperlancar ASI Anda. Misalnya perbanyak makanan sayuran segar. Misalnya seperti pepaya, daun katuk, wortel, bayam dan pare. Sebaiknya hindarilah penggunaan suplemen pelancar ASI.

  1. Memperbanyak Minum Air Putih

Tips selanjutnya sebaiknya Anda memperbanyak minum air putih. Selain menjaga kesehatan kulit dan dapat mencegah penuaan dini, ternyata air putih dapat membantu proses pelancaran ASI untuk bayi Anda. Hindari mengonsumsi minuman yang berwarna.

  1. Mencari Posisi yang Nyaman saat Menyusui

Bagi Anda yang baru saja menyusu memang sering merasa sakit ketika sang buah hati sedang minum ASI Anda. Rasa sakit inilah yang membuat sebagian besar wanita berhenti menyusui. Namun sebiaknya Anda jangan mudah berputus asa untuk menyusui sang buah hati.

Pilihlah posisi yang nyaman saat Anda sedang menyusui. Ubahlah sposisi menyusui Anda setiap Anda merasakan sakit. Jika posisi Anda sudah benar saat menyusui pasti Anda tidak akan merasakan sakit.

Itulah 5 cara agar ASI Anda menjadi banyak. Jika ASI Anda memang sulit untuk keluar sering-seringlah Anda memompa ASI Anda. Anda dapat membeli pompa ASI di orami.co.id. Orami menyediakn pompa ASI dengan berbagai model namun tetap memiliki fungsi yang sama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *