Tips sukses berbisnis kafe kekinian 2018

  22 Jun 2018

Ingin sukses berbisnis kafe kekinian? Begini jurus jitunya!

Kehadiran kafe kekinian mulai membanjir dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini memang tak bisa dilepaskan dari kebiasaan millennial yang sudah menjadikan kegiatan hangout dan update berbagai tempat Instagramable sebagai gaya hidup masa kini. Tertarik untuk menggeluti bidang yang satu ini juga? Berikut ini beberapa hal yang perlu dipertimbangkan agar bisnis bisa berkembang.

Buat Konsep Kafe yang Menarik

Daya tarik kafe kekinian terletak pada konsepnya. Jadi, sangat penting membuat konsep kafe yang matang agar bisnis tetap bertahan. Konsep ini nantinya akan menjadi karakter kafe yang dikembangkan sekaligus yang membedakannya dengan tempat hangout lain. Jangan hanya mengikuti tren yang ada, kalau bisa kamu menciptakan konsep tren baru, pasti kafe yang dikembangkan akan banjir pengunjung.

Kreasi Menu Andalan

Hangout akan terasa lebih menyenangkan jika ditemani dengan berbagai hidangan lezat. Inilah pentingnya menciptakan kreasi menu andalan yang dapat menjadi signature dish pada kafe. Selain itu, hadirnya menu andalan juga dapat menjadi ciri khas tersendiri yang membuat banyak orang mendatanginya. Apalagi jika sukses menciptakan menu kekinian yang jadi tren dan viral di media sosial, dijamin kafe akan ramai pengunjung.

Setting Lokasi yang Sesuai Segmentasi

Pemilihan lokasi juga mempengaruhi keberlangsungan kafe kekinian yang dikembangkan. Tentukan sesuai segmentasi usaha. Misalnya, jika ingin kafe yang menyasar anak muda, memilih tempat yang dekat dengan kampus adalah alternatif yang tepat. Lokasi usaha yang strategis juga membuat banyak orang semakin mudah aware dengan kehadiran kafe tersebut.

Percantik Interior Kafe dengan Dekorasi Unik

Interior kafe memegang peranan penting untuk membuat kafe banyak dikunjungi. Untuk menciptakan kafe kekinian yang bikin pengunjung betah, percantik interior dengan dekorasi unik dan Instagramable. Jika ada cukup space tersisa, bisa juga disulap sebagai spot khusus foto yang pasti akan disukai pengunjung.

Perhatikan Kebersihan dan Saluran Air Kafe

Kafe yang cantik juga wajib dijaga kebersihannya. Setiap sudut kafe wajib diperhatikan, mulai dari lokasi stage yang menjadi tempat berkumpul pengunjung, dapur, hingga kamar mandi. Selain itu, memperhatikan saluran air juga penting dilakukan. Bisa dibayangkan jika saluran air mampet karena pipa yang sudah usang bisa menghambat distribusi air. Berbagai pekerjaan jadi terhambat, seperti memasak atau mencuci peralatan makan, yang pastinya juga mengganggu bisnis. Belum lagi jika saluran air di toilet ikut mampet, pasti mengganggu kenyamanan pengunjung.

Untuk itu, pemilihan pipa air yang tepat sangat penting untuk kelancaran bisnis kafe yang akan dikembangkan. Pastikan pilih produsen pipa berkualitas seperti PT Wahana Vinyl Nusantara yang dikenal dengan brandnya yang bernama Rucika.

Sebagai salah satu yang mendominasi pasar pipa tanah air, perusahaan ini menargetkan pertumbuhan kinerja 10% sepanjang tahun 2018 dan mengincar keuntungan sekitar Rp 500 miliar. Wahana Vinyl menggaet 3 segmen pasar pipa yang meliputi pemerintah, swasta, dan ritel. Sejauh ini, ritel mulai mendominasi penjualan hingga 80%. Inilah yang membuat produk utama mereka lebih kepada fitting dan pipa ritel.

Demi rencana bisnis yang terpenuhi tahun ini, perusahaan tersebut bahkan sudah memiliki rencana untuk meningkatkan kapasitas produksi 10% dari catatan saat ini sebesar 200 ribu ton pipa per tahun. Kapasitas produksi ini tersebar di empat pabrik, yaitu Cibitung (Bekasi, Jawa Barat), Karawang (Jawa Barat), Lemah Abang (Cikarang, Jawa Barat), dan Mojokerto (Jawa Timur). Pipa hasil produksinya menyebar hingga ke seluruh nusantara dengan pusat distribusi di Tangerang, Medan, dan Kutorejo. Komposisi pemasarannya sendiri sekitar 60% di wilayah Jawa dan 40% di luar Jawa.

Pengiriman produk luar Jawa dan Papua dengan mengandalkan pabrik dan pusat distribusi Jawa Timur. Hingga saat ini, Wahana Vinyl memang belum memiliki rencana untuk membangun pabrik di wilayah Indonesia Timur.

Selain mendongkrak angka kapasitas produksi, Wahana Vinyl juga meluncurkan produk baru bernama Rucika Exoplast sejak awal tahun 2018 lalu. Pipa PVC terbaru ini diklaim lebih tipis, tapi bisa menahan kekuatan besar. Target pemasarannya sendiri adalah ke Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) seluruh Indonesia.

Memilih pipa yang tepat untuk mengembangkan bisnismu, percayakan pada produsen Wahana Vinyl Nusantara saja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *